Kamis, Februari 21, 2013

A GOOD DAY TO DIE HARD

Genre        : Aksi, Petualangan
Sutradara : John Moore
Produser  : Alex Young
Pemain :
Bruce Willis (John McClane), Sebastian Koch (Komarov) Jai Courtney (Jack McClane), Yuliya Snigir (Irina), Mary Elizabeth Winstead (Lucy), Cole Hauser, Amaury Nolasco, Megalyn Echikunwoke
 
John McClane (Bruce Willis) melakukan perjalanan ke Moscow, Rusia, untuk membantu puteranya, Jack (Jai Courtney), yang menjadi tersangka dalam sebuah kasus pembunuhan. Dia bahkan berjanji pada anak perempuannya, Lucy (Mary Elizabeth Winstead), untuk tak melakukan hal yang membahayakan diri. Saat tiba di Rusia, John langsung disambut oleh serangkaian kekacauan. Pada hari dimana sidang diadakan, tiba-tiba gedung pengadilan tersebut diledakkan, beberapa orang terbunuh, dan satu tim bermasker dan berbaju anti peluru menyusup masuk, tapi Yuri Makarov sudah menghilang. 
a-good-day-to-die-hard-headerJohn menyaksikan putranya terlibat dalam kekacauan tersebut, dan berusaha menghentikan Jack yang melarikan Yuri Komarov seorang tahanan politik dengan mobil curian. Tentu saja Jack terkejut dan sama sekali tidak mengharapkan kehadiran ayah yang dibencinya itu di saat genting. John tak menyerah walaupun mendapat penolakan dari anaknya. 
Jack, yang ternyata adalah seorang agen CIA, yang sengaja melakukan tindakan pembunuhan tersebut untuk mendekati Yuri Komarov (Sebastian Koch), seorang tahanan politik yang dinilai CIA berpotensial untuk membantu mereka untuk menangkap seorang pejabat tinggi pemerintahan Rusia, Viktor Chagarin (Sergei Kolesnikov), yang diduga memiliki keterlibatan dalam sebuah kasus kejahatan tingkat tinggi karena terlibat dalam sebuah kasus kebocoran radiasi nuklir di Chernobyl pada tahun 1986.  
Viktor Chagarin mengkhianati Yuri Komarov dan memerintahkan anak buahnya untuk membunuh Yuri Komarov setelah mengetahui bahwa Komarov memiliki dokumen penting yang membongkar keterlibatan Chagarin dalam peristiwa Chernobyl.
Karena perdebatan ayah dan anaka ini, target waktu yang ditetapkan Jack menjadi meleset 6 menit, sehingga operasi pembebasan Yuri harus dialihkan ke rencana B. Yuri, Jack dan John dibawa ke 'rumah aman' yang ternyata tidak aman. Anggota CIA yang menolong mereka tertembak, sehingga terpaksa mereka bertiga berjuang melewati serangan anak buah Viktor Chagarin.
Yuri Makarov ini nyimpen berkasnya dalam sebuah bunker, namun kuncinya disimpan di balkon sebuah hotel. Yuri menghubungi putrinya agar datang ke hotel tersebut dengan maksud untuk melarikan diri bersama. Namun ternyata selama Yuri dipenjara, Irina putrinya bekerja sama dengan Viktor, bahkan menodongkan senjata kepada ayahnya sendiri agar menyerahkan kunci berkas dimaksud.
Saya berfikir bahwa film ini adalah tentang anak yang tidak bahagia dengan orang tuanya, atau setidaknya menyindir anak-anak yang merasa lebih hebat dari orang tuanya, lalu meremehkan saran orang tua.
John yang semula tidak tahu menahu mengenai kasus ini pun akhirnya ikut terseret ke dalamnya setelah dia memutuskan untuk ikut campur demi menolong sang anak sekaligus memperbaiki hubungan yang retak diantara mereka. Walau hubungan antara dirinya dan Jack tidaklah akur, John akhirnya mulai menyusun rencana bersama dengan Jack untuk melepaskan diri mereka dari teror tersebut.
Irina membawa ayahnya pergi dengan pesawat, lalu menembak Jack dan John. Mereka berhasil selamat dan menyusul Irina dan Yuri kedalam bunker penyimpanan berkas.  Ternyata disana mereka mendapatai gudang penuh dengan Uranium. Tanpa disangka sebelumnya, Yuri menembak Alik, anak buah Viktor yang membawa mereka.  Ternyata Yuri Makarov dan anaknya Irina telah merencanakan semua itu, pura-pura diculik dan merekayasa berkas Viktor yang tidak pernah ada. Yuri sengaja bilang2 dia punya berkas supaya Chagarin bisa jadi kambing hitam dan dia dilindungi sistem hukum Moscow selama di tahanan.
Saat John dan Jack tiba, Yuri kebetulan lagi sendirian di ruang besi-nya. Yuri pura-pura sakit batuk akibat paparan radiasi Chernobyl, tapi John cepet tanggap. Irina yang mendengar perdebatan ayahnya dan Jack siap-siap dengan heli bermuatan uranium, sementara Jack mengejar Yuri yang berusaha melarikan diri.
Yuri kelempar dari lantai atas dan hancur terkena baling-baling heli yang dikemudikan anaknya sendiri. Irina yang shock melihat kematian ayahnya menabrakkan heli-nya ke gedung, sementara Jack ama John menyelamatkan diri dengan melompat dari gedung tersebut.
John dan Jack akhirnya bisa pulang ke Amerika dengan damai dan bahagia, disambut anak perempuan John, Lucy.


Tidak ada komentar: