Senin, November 05, 2012

UNDERWORLD: AWAKENING


Genre : Action, Fantasi, Thriller
Sutradara : Mans Marlind, Bjorn Stein
Produser : Len Wiseman, Gary Lucchesi, Tom Rosenberg
Penulis Naskah : John Hlavin, J. Michael Straczynski
Pemain :Kate Beckinsale, Michael Ealy, Stephen Rea, Charles Dance, India Eisley, Sandrine Holt, Theo James, Richard Cetrone, Robert Lawrenson

http://ia.media-imdb.com/images/M/MV5BMjAxMjc0ODk0OF5BMl5BanBnXkFtZTcwMTc5NDQwNw@@._V1._SY317_CR0,0,214,317_.jpg

Film ini adalah serial dari kisah Perseteruan antara Vampire dan Lycons (manusia serigala) yang memasuki babak baru. Di film edisi sebelumnya, manusia menyadari adanya dua ras lain selain mereka. Maka kemudian dilakukan pembersihan yang mungkin bisa disebut  “race cleansing”. Kejadian tersebut dikisahkan di awal film dalam bentuk kilas balik / flashback, sehingga memudahkan bagi yang belum pernah menyaksikan cerita tiga film sebelumnya.
Tidak sulit mengikuti film ini, karena memang ceritanya hanya pertempuran antara dua ras Vampire dan Lycons. Hanya di film ini dikisahkan kedua ras terpaksa bersembunyi karena manusia berhasil mengeliminasi sebagian besar di antara mereka. Dalam kisah sebelumnya, Selena  dipisahkan dari kekasihnya Michael Corvin karena bom ultraviolet yang diledakkan manusia. Berbeda dengnan Selena yang vampire, Michael adalah campuran keduanya, sehingga ia lebih kuat. Lycans sendiri merupakan mutasi dari Werewolves, sehingga ia bisa berubah bentuk kapan pun menjadi manusia dan serigala. Sementara Werewolves cenderung tidak bisa mengontrol perubahan dirinya, biasanya ia berubah menjadi serigala di malam bulan purnama.
Enam bulan setelah peristiwa Underworld: Evolution, Selene (Kate Beckinsale) ditangkap oleh manusia. Sejak mengetahui keberadaan vampir dan lycan, pemerintah mulai mengadakan penelitian untuk mencari rahasia kekuatan mereka. Manusia tak ingin ada vampir atau lycan yang tersisa di muka bumi. Perang besar pun dimulai dan kini dua ras superior itu harus hidup dalam ketakutan. Kalau dulu mereka bersembunyi karena tak ingin manusia tahu keberadaan mereka, kini mereka bersembunyi karena ketakutan. Perang Salib dan Penang-perang lainnya telah dimulai. Selena tersadar sudah berada dalam satu inkubator es di sebuah laboratorium dan dirinya disebut “Subyek 2”, sementara “Subyek 1” berhasil meloloskan diri dan membebaskan Selena setelah dipenjara selama 12 tahun
Ia mengira “Subyek 1” itu adalah Michael, namun ternyata adalah seorang anak perempuan. Keistimewaan dari mereka adalah dapat saling terhubung, sehingga bisa melihat melalui mata masing-masing. Ia pun menyadari bahwa dirinya memiliki putri berusia empat belas tahun yang merupakan persilangan antara vampir dan Lycan, yaitu Eve, darah dagingnya sendiri yang ternyata mempunyai kekuatan lebih mengerikan, seperti membelah dua kepala seorang lycan dengan kedua tangannya. Ketika ia menemukan putrinya, mereka harus menghentikan BIOCOM untuk menciptakan Super Lycans yang akan membunuh mereka semua. Selama 12 tahun Selene tak sadar apa yang sebenarnya telah terjadi. Ia berada dalam tahanan. Saat terbangun, Selene sadar kalau semuanya sudah berubah. Vampir dan lycan tak lagi jadi mitos. Keberadaan mereka telah diketahui manusia dan kini dua ras abadi ini harus jadi buruan. 
Saat Selena kabur, ia kemudian berjumpa dengan seorang pemuda vampire yang ternyata putra tetua kelompok vampire yang tersisa. Ia dibawa ke persembunyian mereka di bawah tanah. Namun Selena ditolak karena di edisi sebelumnya, Selena membunuh beberapa di antara para tetua vampire karena ia merasa di khianati. Kedatangan Selena membawa anak perempuan yang ternyata adalah anaknya sendiri dengan Michael, dan membuat markas rahasia para vampire terendus oleh musuh mereka, para Lycans.

Sementara itu, ras Lycans berhasil mengembangkan sejenis vaksin yang membuat mereka jauh lebih kuat, terbuat dari darah dan DNA Selena serta anak perempuan yang disebut  “Subyek 1”. Lalu muncul generasi Lycans yang beberapa kali lebih besar ukurannya, otot lebih kuat dan cepat berkembang serta yang paling penting segera memulihkan diri apabila terluka. Lycans mampu melakukan ini karena mereka mendirikan perusahaan bernama”antigen” yang berafiliasi dengan pemerintah.
Antigen, perusahaan milik seorang doktor Dr. Jacob Lane (Stephen Rea) adalah perusahaan yang selama ini menggunakan kedok mencari cara untuk memusnahkan vampir dan Lycan. Di balik kedok itu, Antigen sebenarnya mencari cara untuk membuat Lycan kebal terhadap pengaruh perak karena Dr. Jacob Lane dan putranya, Quint (Kris Holden-Ried) sebenarnya adalah Lycan. Jacob yang sedang melakukan percobaan dan anaknya Quint sudah meminum dopping sehingga lebih kuat dari lycan kebanyakan.
Kate Beckinsale dengan umur yang sudah tidak muda lagi masih tetap menyajikan aksi yang asyik, seru, brutal dan enak dilihat. Dibalik pakaian ketat serba hitam dan senjata-senjatanya yang tidak pernah kehabisan peluru (yang saya tidak terlalu peduli) film Underworld: Awakening ini menyajikan porsi action yang lebih banyak dan lebih seru (dan lebih brutal tentunya) dari ketiga film pendahulunya. Performa Kate Beckinsale sebagai female vampir superhero tidak pernah ada matinya, inilah seharusnya gambaran paling tepat dari seorang vampir wanita, enerjik, lincah, brutal dan jauh dari drama cinta segitiga antara vampir dan werewolf.

Tidak ada komentar: