Minggu, Januari 06, 2013

THE HOBBIT : AN UNEXPECTED JOURNEY

Directed   : Peter Jackson
Produced : Carolynne Cunningham, Peter Jackson, Fran Walsh, Zane Weiner
Written    : Peter Jackson,Fran Walsh, Philippa Boyens, Guillermo del Toro
Starring    : Martin Freeman, Ian McKellen, Cate Blanchett, Hugo Weaving, Christopher Lee, Sylvester McCoy, Ian Holm, Elijah Wood, Andy Serkis, Lee Pace, Richard Armitage, Graham McTavish, Ken Stott, Aidan Turner, Dean O’Gorman, Mark Hadlow, Jed Brophy, Adam Brown, John Callen, Peter Hambleton, William Kircher, James Nesbitt, Stephen Hunter, Benedict Cumberbatch, Bret McKenzie, Barry Humphries, Kiran Shah, Jeffrey Thomas, Mike Mizrahi, Manu Bennett, Running time : 169 minutes
Film ini menceritakan kisah 60 tahun sebelum The Lord of The Rings, bagaimana asal mula cincin yang dimiliki Frodo. Bilbo Baggins (Martin Freeman) adalah paman Frodo. Pada hari ulang tahun Bilbo Baggins, Bilbo mencatat petualangan terakhirnya untuk Frodo Baggins, dan menolak membiarkan Frodo membacanya sebelum catatan tersebut selesai.

Saat sedang santai di taman rumahnya, Bilbo didekati oleh penyihir Gandalf The Grey (Ian McKellen). Bilbo bingung saat muncul sekumpulan kurcaci tiga belas yang dipimpin oleh prajurit legendaris, Thorin Oakensheild (Richard Armitage), masuk ke dalam rumahnya, para kurcaci berpesta di rumah Bilbo Baggins. Gandalf memperlihatkan peta yang menunjukkan pintu rahasia ke Pegunungan itu dan meminta Bilbo menjadi "pencuri" dalam ekspedisi ini. Mereka ingin merebut kembali Kerajaan Dwarf yang hilang di Erebor, karena diserang oleh Smaug sang Naga. Walau awalnya menolak, Bilbo akhirnya turut serta dalam perjalanan yang penuh dengan tantangan dan hambatan berbahaya tersebut. Perjalanan mereka melalui tanah yang berbahaya karena dipenuhi Goblin, Orc, Wargs mematikan, Giant Spider dan Shapeshifters. Saat berbahaya, mereka diselamatkan peri Randalv. Disinilah Gandalf mendapatkan petuah dari Galadriel (Cate Blanchett) yang selalu mengikuti perjalanan para kurcaci. Tempat tinggal para peri ini digambarkan dengan indah sekali :)
Melintasi Pegunungan Kabut, mereka ditangkap para goblin dan dibawa jauh ke bawah tanah. Bilbo terpisah dari gerombolan tersebut dan bertemu Gollum yang tidak sengaja menjatuhkan cincin misterius milik Raja Sauron yang bisa membuat pemakainya menghilang dari pandangan. Bilbo menyembunyikan cincin misterius tersebut sehingga membuat Gollum panik. Gollum yang kelaparan mengancam akan memakan Bilbo, namun Bilbo mampu mengulur waktu dengan mengajak Gollum bermain teka teki. Jika Bilbo menang, ia diizinkan kabur, tetapi jika Bilbo kalah, ia akan dimakan Gollum. Teka tekinya begini :
Gollum : "Apa yang punya kaki tapi tak kelihatan, lebih tinggi daripada pepohonan, sangat tinggi menembus awan, tapi tak pernah tumbuh sama sekali ?" - gunung-
Bilbo : "Tiga puluh kuda putih di atas bukit merah, mula-mula mereka memamah, lalu mereka mengunyah, kemudina berdiri diam tak bergerak ?" -gigi-
Gollum : "Tak bersuara tapi menangis, tak bersayap tapi terbang, tak bergigi tapi menggigit, tak bermulut tapi berbisik
Setelah Bilbo menang, Gollum baru sadar bahwa cincinnya hilang lalu mengejar Bilbo yang kemudian menyadari kekuatan menghilang dari cincin Raja Sauron tersebut dan menggunakannya untuk melarikan diri.
Setelah Gandalf menyelamatkan gerombolan kurcaci dari goblin, pemimpin kurcaci sempat meragukan keberanian Bilbo untuk meneruskan perjalanan. Ternyata Bilbo kemudian muncul dan tetap bergabung dengan kurcaci. Mereka kemudian diserang oleh Goblin dan Warg yang mendendam kepada Thorin Oakensheild yang telah membuat buntung tangannya, tetapi berhasil diselamatkan oleh sekumpulan elang yang menerbangkan mereka ke tempat aman di sisi bukit. Dari kejauhan, mereka melihat Pegunungan Sunyi. Jauh di dalam Pegunungan Sunyi, Smaug, tertutup koin-koin emas, bangun dari tidurnya.

Untuk sekuelnya akan bertajuk The Hobbit: There and Back Again menyusul 13 Desember 2013.

Tidak ada komentar: