Senin, Januari 07, 2013

A GIFT FROM A FRIEND

Pengarang : Merry Riana & Alva Tjenderasa
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2011
Tebal : 275
Youtube Merry Riana
Blog Merry Riana

Tidak hanya untuk mengambil apa yang anda bisa dapatkan dari hidup ini, tapi juga untuk mencintai dan memberi dengan tulus. Ketika ada kelimpahan, apa pun itu, maka berbagi bukanlah suatu masalah.

IF WE DON'T CHANGE, WE DON'T GROW. IF WE DON'T GROW, WE AREN'T REALLY LIVING
Merry Riana dilahirkan dari keluarga yang sederhana, anak tertua dari tiga bersaudara. Ayahnya seorang Insinyur Elektro dan Ibu seorang Ibu rumah tangga yang penuh kasih sayang. Pergi ke Singapura Tahun 1998 ketika berumur 18 Tahun karena krisis ekonomi melanda Indonesia karena kerusuhan Mei 1998. Pendidikan sangatlah penting bagi Merry Riana, karena meningkatkan pengetahuna dan keahlian kita agar kita dapat memberikan kontribusi kembali kepada masyarakat dengan skala yang lebih luas. Kita pergi ke Sekolah supaya kita bisa melakukan lebih banyak hal, bukan kurang. 
"Anda semua yang masih sedang belajar, jangan abaikan pendidikan Anda. Selesaikan sekolah Anda dan berkonsentrasi penuhlah pada perjalanan sukses Anda setelah menyelesaikan pendidikan Anda. Percayalah. Anda tidak akan menyesal"
Merry Riana berjanji pada dirinya sendiri, jika sukses suatu hari nanti, ia ingin sukses ketika masih muda, sebelum ulang tahun ke-30, bukan ketika berumur 40-50. Dengan begitu, ia bisa mengajak orang tuanya menikmati makanan terbaik, bertamasya ke luar negeri, dan menjalani hidup sepenuhnya (how sweat....saya rasa salah satu kunci sukses Merry Riana adalah karena niat luhurnya :) ) 
"Itu semua bukan untuk saya, tapi untuk orangtua"
Prinsip "Vision-Action-Passion" (Vis-Tindakan-Hasrat) adalah formula sukses seorang Merry Riana. Semua bermula dari visi, selalu mulai dengan pikiran akan mau menjadi apa nanti akhirnya "Apa yang sebenarnya anda inginkan ?". Tidak memiliki tujuan itu sama seperti daun yang jatuh hanyut di sungai, mengikuti arus seiring berjalannya waktu, tidak menyadari bahwa sungai tersebut akan berakhir di lautan, tempat daun tersebut akan tenggelam. Hasrat adalah yang membedakan Anda dari orang-orang lain yang hanya bekerja keras. Hasrat memberi Anda kekuatan dan energi.
JANGAN PERNAH MENUKAR APAPUN DENGAN SUARA HATI ANDA. ITU TIDAK SEPADAN. RAIHLAH IMPIAN ANDA DENGAN INTEGRITAS. TIDAK ADA JALAN LAIN.
Bagi seorang Merry Riana, definisi sukses adalah proses terus menerus untuk berusaha menjadi lebih baik, untuk mencapai lebih. Kesuksesan adalah suatu kesempatan untuk terus menerus bertumbuh secara emosional, sosial, spiritual, intelektual dan finansial, sambil memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Seseorang yang mengambil tindakan- bukan kebanyakan orang yang hanya berharap. Berorientasi pada hasil dan menjalankan kehidupan persis sebagaimana yang dikehendaki. Menggunakan sumber daya yang dimiliki untuk menciptakan kesuksesan dan pencapaian baru untuk diri mereka sendiri dan orang lain. Untuk meningkatkan nilai kita, tidaklah cukup hanya dengan meningkatkan kualifikasi akademis, atau meningkatkan keahlian, atau meningkatkan relasi Anda, tapi juga harus memilih lingkungan kerja yang tepat. Pilihan yang salah akan membatasi nilai Anda, sekeras apapun Anda bekerja.
"Meskipun dasar Tangga Perusahaan kelihatannya lebar dan stabil, Anda akan menyadari bahwa semakin tinggi Anda naik, semakin sempit tangganya".
 "Percayalah, kalau itu adalah suatu keharusan, Anda akan menemukan cara untuk hidup di tengah-tengah segala kekurangan Anda".
Jangan lepaskan impian Anda dan jangan menukarnya dengan kesempatan atau peluang yang 'salah'. Kesempatan yang 'slah' dapat datang secara tersamar sebagai kesempatan yang sepertinya nyaman. Tapi jika kesempatan itu tidak membawa Anda lebih dekat pada impian Anda, apa gunanya ? Tinggalkanlah 'penjara' Anda dan mulai berteman dengan orang-orang yang memiliki hasrat yang sama dan sukses ! Dari sana, Anda akan menyadari bahwa Anda juga bisa terbang dan terbang bukanlah hanya untuk mereka yang terpilih. Anda adalah seekor Rajawali sejak Anda lahir ! Anda berhak untuk terbang !
"Bekerja keras dan menerima penghargaan atas kerja keras Anda. Berlari kencang dan luar biasa di antara kuda-kuda yang lain. Memenangkan penghargaan dan menerima banyak pengakuan berdasarkan keberhasilan Anda. Cari seorang pelatih kuda yang baik, bina hubungan dengan kuda bagus lainnya, lalu ikuti perlombaan dan menangkan kejuaraan".
Siapa yang Anda kenal, ke mana Anda pergi, dan apa yang Anda miliki bukanlah ukuran yang sesungguhnya dari kesuksesan pribadi. Arti kesuksesan berbeda-beda bagi setiap orang. Untuk saya, kesuksesan merupakan proses yang terus berlangsung untuk menjadi lebih baik dan mencapai lebih lagi. Sukses merupakan kesempatan untuk terus-menerus bertumbuh secara emosional, sosial, spritirual, psikologis, intelektual, dan finansial, sambil memberikan kontribusi yang positif kepada masyarakat.
"Segala sesuatu berawal dari sebuah ide. Semua dimulai dari pikiran, dan ketika di pikiran itu ada, ide itu dapat direalisasikan di dunia secara fisik. Komponen yang paling penting adalah The Mindset. Cara berpikir".
Memang benar bahwa perlahan dan terus menerus akan menyelesaikan perlombaan. Tetapi juga benar bahwa cepat dan konsisten akan menang lebih dulu. Mengambil tindakan terus menerus berarti memfokuskan pandangan Anda hanya pada visi Anda dan do whatever it takes yang dapat membawa Anda lebih dekat ke tujuan akhir Anda. Mengambil tindakan terus menerus berarti Anda harus siap bahwa ada harga yang harus dibayar untuk mencapai impian yang benar-benar Anda inginkan. Anda harus siap berkorban waktu, energi, kenyamanan, dan banyak hal lainnya sepanjang jalan.
"Untuk mencapai suatu posisi dalam 20% populasi yang memiliki mayoritas kekayaan dunia, Anda harus mengerjakan hal yang berbeda dari apa yang dilakukan oleh kelompok 80% yang memilih untuk tetap miskin. Anda harus bergaul dengan orang-rang yang sudah berada pada kelompok atas itu".
Beranilah bermimpi besar. Apapun yang dapat kita bayangkan, asal kita percaya, akan bisa dicapai. Impian dapat menjadi kenyataan. Tinggalkanlah ketakutan Anda dan mulai berteman dengan mimpi Anda. Kesuksesan seseorang bukan diukur dari seberapa banyak uang yang dia hasilkan, seberapa mahal mobil yang ia miliki, ataupun seberapa mewah rumah yang ia tinggali, melainkan dari seberapa besar dampak yang bisa ia ciptakan di dalam kehidupan orang lain. Uang bukanlah hal terpenting dalam hidup ini, tetapi dapat mempengaruhi hal-hal terpenting dalam hidup ini. Uang dapat meningkatkan ungkapan cinta, uang dapat meningkatkan hubungan persahabatan, uang dapat meningkatkan kualitas kehidupan keluarga Anda, dan sebagainya. Namun selama perjalanan menuju sukses, jangan korbankan hubungan relasi dan kesehatan hanya gara-gara uang. Tidak ada artinya hidup ini jika Anda tidak memiliki kasih. Kenyataannya, itulah inti hidup ini. Untuk mengasihi dan dikasihi. Orang-orang yang dekat dalam hati anda tidak selamanya akan ada bersama dengan Anda. Akan tiba saatnya mereka tidak akan berada di dekat Anda lagi. Bahagiakanlah mereka sekarang, selagi masih ada kesempatan.
Memiliki hati yang bersyukur adalah memiliki tingkat kenikmatan tertinggi dalam diri kita sendiri.
"There is only one Succes : to be able to spend your life in your own way"
ANDA DAPAT MEMPUNYAI IMPIAN BESAR DAN MENCAPAINYA SELAGI MASIH MUDA, KARENA ANDA TELAH MEMBELI TIKET YANG DISEBUT "KEHIDUPAN" DAN PERJAMUAN MAKAN SUDAH TERMASUK DI DALAMNYA

Tidak ada komentar: