Kamis, Januari 03, 2013

Antologi Rasa

Penulis                : Ika Natassa
Penerbit              : Gramedia Pustaka Utama
Tanggal terbit     : Agustus – 2011
Jumlah Halaman: 344
Kategori             : Metropop
http://www.gramediapustakautama.com/uploads/dirimg_buku/re_buku_picture_86274.jpg
Tentang antalogi rasa ?  saya bingung bagaimana cara penulis membuat cerita seribet ini, seribet perasaan keara. apakah keara mewakili perasaan ika natasha? apakah ika merepresentasikan dirinya sebagai seorang banker yang cinta fotography seperti keara ?  who knows...tapi ribet memang kalau mencintai hanya dengan hati dan mengesampingkan logika. Apakah ada hari gini cowok playboy seperti harris yang rela menunggu keara tanpa batas waktu?  atau yang lebih langka, ruly rela menunggu wanita yang tak mungkin dimilikinya karena denish sudah memiliki suami. Tapi memang ada kalanya hidup itu dibuat ribet oleh perasaan. Saya sendiri merasa lelah mengikuti penantian keara. kasian banget.

Saya masih tidak terima dengan ending novel ini. Novel ini tidak seperti sinetron yang happy ending, tapi lebih menyentil kisah cinta yang ribet, dan akhirnya semua gak dapet apa apa. Harris gak bisa dapet keara, keara gak bisa dapet ruly, Ruly gak bisa dapet denish, mungkin denish yang paling beruntung mendapatkan lagi cinta suaminya yang sempat hilang. Kasian banget ya hidupnya tokoh tokoh ini, tapi mungkin memang begitulah hidup yang sebenarnya, gak semua bisa kita dapatkan seperti yang kita inginkan. Tapi yang paling sulit adalah mempertahankan persahabatan setelah tragedi cinta yang menyakitkan diantara mereka.
Haris cinta mati sama keara sejak pertama bertemu, memendam perasaannya selama 3 tahun, sampai akhirnya terjadi 'accident' di singapura saat mereka mabuk. Keara, yang saat itu sangat berharap ruly ikut ke singapura, tapi batal karena proyek kantor. Membayangkan ruly berdua dengan denish di jakarta, membuat keara tak bisa mengendalikan diri, mabuk bersama harris. Harris merasa mendapat durian runtuh saat akhirnya berhasil 'tidur' dengan keara, walaupun tanpa disadari keara yang sedang mabuk. Bagaimana dengan keara ? Walaupun keara menyukai sex dan party, tapi keara sangat terpukul saat menyadari di pagi hari ada di ranjang sahabatnya dalam keadaan bugil. Keara tak terima sahabatnya Harris yang terkenal suka mempermainkan wanita, kali ini mempermainkannya. Walaupun harris minta maaf dan tulus menyatakan cintanya, keara tak perduli. Persahabatan mereka putus. Harris kehilangan. Keara yang membenci harris dan sudah lelah menunggu cinta ruly selama 3 tahun, berkenalan dengan panji, adik ipar dinda sahabat keara. Mereka sama sama 'player' dan sepakat hanya 'no rule relationship'.  Tapi apakah ada hubungan tanpa aturan yang tak akan menyakiti ? Terbukti ketika akhirnya panji sang playboy, sungguh jatuh cinta pada keara setelah permainan flirting mereka berjalan selama sepuluh bulan. Bagaimana dengan keara ? Apakah ia bisa jatuh cinta pada panji ? Tidak, tetap hanya ruly yang ada dalam impiannya, panji hanyalah pelarian dari rasa frustasi keara setelah cinta terpendam selama 3 tahun, namun keara tak mau berhenti berharap. 
Hingga suata saat, denish kecelakaan, ruly adalah orang pertama yang ada disana. Wajah ruly yang panik melukai perasaan keara, walaupun ia tahu denish sedang tak berdaya. Kondisi yang kritis ini perlahan-lahan mengembalikan persahabatan keara dan harris, walaupun kondisinya tidak seperti semula. Bagaimana dengan ruly ? Meskipun ia sangat terpukul melihat kondisi denish, tapi ia lebih terpukul lagi saat melihat kemal, suami denish tiba tiba datang dan menangis. Ruly terpukul karena melihat denish mendapatkan kembali cinta suaminya, padahal ia sangat berharap denish meninggalkan suami yang dianggapnya tak bertanggung jawab itu, ruly cemburu. Dalam kekalutannya, ruly memilih datang ke apartemen keara. Keara yang hobi foto, merasa sangat beruntung seharian itu ditemani ruly hunting foto ke pasar ikan, malah ruly memilihkannya ikan kecil dan aquariumnya, dan meletakannya di kamar keara.
Saat malam hari saat mereka santai di sofa, keara tak sengaja menumpahkan minuman ke kemeja ruly dan spontan membersihkan dengan tangannya. Sentuhan tangan keara di dadanya, membuat ruly tak bisa lagi menahan diri untuk mencium keara, ciuman yang sudah ditunggu keara selama 4 tahun. Bermimpikah keara ? Hingga bangun pagi harinya, dan melihat ikan kecil di samping tempat tidurnya, keara sadar ia tidak bermimpi.   Apakah ruly sungguh jatuh cinta pada keara ? Atau hanya terbawa suasana ? Namun ruly dan keara akhirnya pacaran seperti mimpi keara selama ini. Yang paling tertusuk hatinya adalah harris. Keara adalah cinta mati harris, tapi harris rela keara bersama ruly, daripada harus jatuh ke pelukan panji yang playboy. Mereka akhirnya bersatu lagi sebagai 4 sahabat seperti dulu, dengan status baru keara dan ruly sebagai pasangan.  Saat mereka kumpul bersama, keara ingin seluruh perhatian ruly hanya untuknya sebagai pacar. Namun hati tak bisa berdusta, keara memang mendapatkan statusnya sebagai pacar ruly, tapi tidak hatinya. Dalam setiap kesempatan, ruly tetap mengutamakan kebahagiaan denish diatas segalanya, meskipun tau ia tak mungkin mendapatkan denish. Setelah penantian 4 tahun dan pacaran 2 bulan, keara menyerah dengan kenyataan bahwa ia tetap tak bisa memenangkan hati ruly. 
Apakah masih ada harapan bagi harris untuk merebut kembali perhatian keara ? Rasanya untuk sementara cukuplah seperti ini, sahabat yang tak pernah pergi, namun tidak sebagai kekasih. Siapa yang paling kasihan ? Keara ? Harris ? Ataukah Ruly yang melepas Keara demi Denish yang tak bisa dimilikinya ?

Tidak ada komentar: