Sabtu, April 07, 2012

THE ARTIST

Produser : Thomas Langmann
Produksi : The Weinstein Company
Sutradara : Michel Hazanavicius

Durasi : 100 menit
Film ini adalah film bisu pertama yang saya tonton. Agak aneh memang, tapi lebih aneh lagi saya memahami ceritanya dengan baik dan tidak bisa beranjak sebelum film ini selesai..... ternyata bahasa bukan kendala...:) Pada saat indera pendengaran kita ditutup karena tiada dialog, maka indera-indera lain semakin terasah merasakan tokoh-tokoh “bisu” pada film The Artist. Pada saat yang bersamaan, saat indera pendengaran kita terbuka lebar, maka indera yang lain tertutup, mengabaikan esensi film ini.

Menceritakan kisah romantik bintang  film bisu, George Valentin (Jean Dujardin) dan Peppy Miller (Bérénice Bejo)tentang kehidupan mereka berdua yang dihubungkan oleh nasib. Betapa cerdasnya cara Peppy yang saat itu hanyalah wanita biasa untuk menarik perhatian sang Idola. Peppy berhasil menjadi artis, bahkan kemudian bintangnya bersinar terang dan ia membintangi film-film besar. Sebaliknya karir George nampak terancam dan sosoknya pun terlupakan, karena masyarakat ingin perubahan dan bosan dengan film bisu. George dengan idealismenya menolak perubahan ini. Sampai sopir sekaligus asistennya mengingatkan : BE CAREFULL WITH YOUR PRIDE

Memang, kejayaan dan ketenaran terkadang membuat seseorang lupa bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini kecuali perubahan. Kalau seorang seniman tidak fleksibel mengikuti perubahan jaman, maka akan sulit bagi karyanya untuk dinikmati masyarakat. Betapa hancur hati George saat film perdananya (sebelumnya dia hanya aktor, tidak pernah memproduseri filmnya sendiri), hanya ditonton beberapa orang, sementara penonton antri sampai panjang untuk menonton film Peppy. 

George sangat putus asa, hingga melelang seluruh hartanya (yang diam-diam dibeli Peppy), memberhentikan asistennya yang setia, sampai mencoba munuh diri. Untunglah Peppy menyelamatkannya pada saat yang tepat. Dan Peppy mampu meluluhkan hati George agar mau berkarya lagi, meskipun George tetap tidak bicara, hanya menari bersama Peppy yang telah menjadi bintang dimasanya.

Dialog hanya dijelaskan dalam teks yang sekali dua kali muncul dan selebihnya adalah musik silent. Sebagai pemanis film yang charming ini adalah Uggie, sebagai Jack, anjing terrier George Valentin yang pintar.

Tidak ada komentar: