Senin, Juli 30, 2012

BATMAN THE DARK NIGHT RISES

Genre      : Action
Dirasi      : 165 menit
Produser : Christopher Nolan, Charles Roven, Emma Thomas
Player     : Christian Bale (Bruce Wayne/Batman), MIchael Caine (Alfred), Gary Oldman, Anne Hathaway (Cat Woman), Tom Hardy, Marion Cotillard (Miranda), Joseph Gordon

"It doesn't matter who we are... what matters is our plan. 
No one cared who I was until I put on the mask." 

"The Dark Knight Rises" menceritakan tentang Batman yang sudah mulai tua dan kekuatannya tak sehebat dulu. Namun, ia malah menghadapi musuh yang sangat brutal bernama Bane. Musuh Batman kali ini digambarkan mampu menyebar teror dahsyat karena kebrutalannya. 

Film dimulai dengan mengenang almarhum Harvey Dent/Two Face yang dianggap pahlawan kota Gotham karena berhasil mengatasi Joker. Sejak itu, Batman memilih menyendiri dan tak mau lagi berurusan dengan segala sesuatu yang terjadi di Gotham City.

Pasca kejadian tersebut, Gotham menjadi aman terkendali. Tingkat kejahatan berkurang drastis berkat Undang Undang Dent. Batman kini sudah resmi beristirahat, tak lagi perlu menumpas kejahatan. Ia telah menjadi miliader Bruce Wayne sepenuhnya. Kedamaian tersebut hanya kurang dari satu dekade. Sosok penjahat bermasker bernama Bane (Tom Hardy) bersama dengan pasukannya membawa teror baru. Ia tak segan meledakkan jembatan Gotham dan memblokade kota. Gotham menghadapi bahaya yang lebih besar dari ancaman Joker, 8 tahun lalu. Bane punya fisik yang kuat dan otak yang cemerlang. Bersama dengan pasukannya ia merancang teror dan kejahatan yang lebih besar.

Delapan tahun sejak kematian Harvey Dent, Batman masih menjadi 'kambing hitam' atas kejahatan di masa lalu. Namun kedatangan Bane (Tom Hardy) beserta pasukan yang menginvasi Gotham mengharuskan Batman keluar dari sarangnya. Bahkan dalam kehidupan nyata, Bruce Wayne jatuh miskin akibat kekacauan yang ditimbulkan Bane dan sekutunya.
Batman mengorbankan segalanya yang menurut ia dan Komisaris Gordon untuk kebaikan. Untuk sementara,  kegiatan kriminal di Gotham City bisa ditekan oleh anti kekerasan Act Dent. Banyak penjahat dipenjara dengan menggunakan hukum Dent. Hal ini menimbulkan kebencian bagi bagi banyak orang, termasuk Bane.
Bane mendirikan markasnya disaluran air, dibawah kota Gotham, dengan mempekerjakan anak-anak jalanan, dan tak segan-segan membunuh mereka bila pekerjaannya tak memuaskan, sehingga seringkali muncul mayat mereka dari selokan air. Hal ini sangat mencurigakan Komisaris Gordon, yang akhirnya dapat diseret ke markas Bane, meskipun mampu melarikan diri.

Kemunculan pencuri lihai Seline Kayle (Anee Hathaway) menarik perhatian Bruce Wayne. Menyamar sebagai asisten rumah tangga, Selina alias Catwoman berniat mencuri sesuatu yang sangat berharga dari Bruce. Menarik menyaksikan ketika Selina tertangkap basah mencuri kalung di dalam brangkas milik Bruce. Catwoman yang dikenal sebagai pencuri ulung tak menampakkan rasa bersalah sedikitpun. Dengan pesona yang membuat Bruce terpana, Selina kemudian berhasil kabur dengan indah, melompat lewat jendela. 

Tanpa disadari, sang pencuri adalah wanita bayaran Bane yang ditugaskan mencuri sidik jari Bruce Wayne. Ia juga ditugaskan untuk memancing Batman agar terjebak di neraka bumi atau neraka bawah tanah yang dipercaya tak seorangpun akan mampu keluar dari sana, kecuali seorang anak yang lahir disana, di penjara bawah tanah, yang kelak mengungkap kunci kejahatan di Kota Gotham. Miranda (Marion Cotillard) akan memegang peranan penting dalam cerita. Berbeda dengan Catwoman, Miranda tampil cantik dan cerdas sebagai partner bisnis Bruce. Keduanya tampak serasi dan romantis. Miranda pura-pura berpihak pada Bruce namun diam-diam berniat menghancurkan kota Gotham, meneruskan ambisi ayahnya yang dibunuh Batman.

Batman mengingatkan kita, bahwa ia juga seorang manusia biasa yang ingin hidup normal. Dan itu menggarisbawahi suasana hitam dan kegelapan yang selalu berkerumun di sekitar jiwa miliarder Bruce Wayne dalam melawan kejahatan. Film ini menampilkan pertarungan batin dalam diri Batman. Hubungan antara Bruce Wayne dengan pelayannya yang setia, Alfred pun sangat menyentuh. Terutama ketika Alfred menyatakan ke pada Bruce dirinya akan berhenti melayani Bruce karena tak ingin melihat Bruce hancur. 

"Saya tidak akan mengubur anda. Saya sudah cukup mengubur anggota keluarga Wayne," ujarnya di salah satu adegan.


13431253381978378625

Keren sekali menyaksikan Catwoman menunggangi Batpod, bahkan menyelamatkan Batman :)

Tidak ada komentar: